28 May 2021
Bidang Ilmu: Jalan & Jembatan
Penulis/sumber: administrator
Diunggah Oleh: ADMINISTRATOR
Penyusunan Manual Untuk Nilai Sisa Kekuatan Bangunan Bawah Jembatan Tiang Pancang/Dalam Dengan Alat Georadar dan Geo Seismik, Didalam penelitian ini dikaji penerapan metoda seismic crosshole dan metoda georadar dalam menduga bentuk dan dimensi pondasi tiang pancang dan tiang bor. Pengujian ketelitian pendugaan dari kedua metoda ini dilakukan pacta jembatan-jembatan yang lapisan tanah kerasnya cukup dalam, dimana daya dukung tiang didasarkan atas skin friction dengan panjang tiang yang bervariasi dari mulai kedalaman 18 meter sampai 40 meter.Hasil pengujian menunjukkan bahwa metoda seismic crosshole memberi keuntungan dapat menduga panjang tiang didalam tanah secara cukup akurat, akan tetapi sangat sensitif terhadap getaran lalu-lintas dan memerlukan waktu pelaksanaan yang relatif lama. Sedangkan metoda georadar memberi keuntungan dapat dilaksanakan secara cepat dan pacta kondisi tanah lempung normal dapat memberikan informasi kedalaman serta dimensi pondasi tiang secara cukup teliti. Metoda georadar mempuyai kekurangan yang utama, yaitu sangat dipengaruhi sekali oleh bahan yang mempunyai nilai konduktivitas yang tinggi seperti bahan logam, garam dll. Bahan seperti ini akan memantulkan gelombang Elektro Magnetis yang dipancarkan radar sehingga akan mengaburkan obyek pondasi yang akan diduga.