05 Oct 2022
Bidang Ilmu: Jalan & Jembatan
Penulis/sumber: Spesifikasi Umum Bina Marga Tahun 2018 Rev. 2
Diunggah Oleh: Cornelius Yanar Patih Krisnanda S.T.
Semakin berkembangnya suatu daerah maka semakin banyak juga kebutuhan para pengguna jalan yang mengakibatkan peningkatan volume maupun muatan kendaraan yang berlebih dapat membebani jalan. Maka kerusakan jalan pun tidak dapat dihindari sehingga membuat pengguna jalan terganggu dan bisa membahayakan pengguna jalan. Kerusakan jalan yang disebabkan oleh muatan yang berlebih atau biasa disebut ODOL (Over Dimension Over Load) adalah deformasi permanen. Deformasi permanen (rutting) ini merupakan jenis kerusakan serius karena mempengaruhi kualitas kenyamanan lalu lintas dan mencerminkan kerusakan dari struktur perkerasan itu sendiri. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, banyak dilakukan pengembangan terkait teknologi aspal salah satunya yaitu aspal modifikasi berbasis Performance Grade (PG). Sehingga perlunya pendalaman dan pemahaman lebih lanjut terkait pengertian, spesifikasi, metode dan penanganan terkait bahan tersebut agar pada saat pengaplikasian di lapangan didapatkan hasil yang maksimal dan kondisi jalan tersebut dapat dipertahankan agar tetap berfungsi dalam melayani lalu lintas sehingga keselamatan lalu lintas terjamin dan pelayanan jalan meningkat. E-book ini diharapkan mampu mendukung optimalisasi pekerjaan campuran beraspal panas dengan aspal modifikasi. E-book ini disusun guna memenuhi tugas aktualisasi Pelatihan Dasar CPNS Kementerian PUPR Tahun 2022.