04 May 2023
Bidang Ilmu: Jalan & Jembatan
Penulis/sumber: Achmad Miraj Ridwansyah (NRP. 6012201071)
Diunggah Oleh: adminpusat3
Dari hasil analisis yang dilakukan diketahui bahwa pemasangan cerucuk sebanyak 18 buah cerucuk kayu galam (pada satu sisi per meter panjang jalan) untuk perkuatan sudah cukup aman untuk menerima beban vertikal dan beban horizontal akibat pelebaran jalan. Beda penurunan (differential settlement) yang terjadi antara pelebaran jalan dan jalan eksisting pada segmen jalan aspal satu lapis adalah sebesar 6,7 cm dan akan berlangsung selama waktu t = 19,5 tahun; beda penurunan tersebut akan terjadi sebesar 2,8 cm di akhir tahun pertama. Di segmen jalan agregat, beda penurunan tersebut akan terjadi sebesar 7,4 cm dan akan berlangsung selama waktu t = 20,7 tahun; perbedaan penurunan tersebut akan terjadi sebesar 3,7 cm di akhir tahun pertama.